15 Fakta Sejarah Menarik untuk Diketahui

Fakta sejarah menarik dan cerita ini penuh fakta sejarah menarik sering hilang dibalik peristiwa global dan tokoh penting. Namun, mereka membantu untuk lebih memahami bagaimana nenek mokita hidup, apa mereka pikirkan, apa membuat mereka khawatir.

15 Fakta Sejarah Menarik untuk Diketahui
Foto oleh Rachel Claire dari Pexels

Fakta Sejarah Menarik

Kami akan memberi tahu Anda beberapa fakta sejarah menarik untuk diketahui.

1. Bantal Muncul diMesir Kuno

Beberapa ribu tahun lalu, ketika orang mulai membangun peradaban pertama, mereka sudah memiliki bantal. Objek kuno untuk tidur tidak mirip objek modern dan merupakan batu dipoles ceruk ditengahnya. Sesuatu seperti bantal ortopedi – hanya terbuat dari batu.

2. Menara Miring Pisa Bengkok Sejak Awal

Pembangunan Menara Miring Pisa terkenal dimulai pada 1173, tetapi, bertentangan kepercayaan populer, menara itu tidak mulai miring setelah konstruksi. Gulungan salah diletakkan diawal konstruksi, dan untuk mengimbangi kemiringan, lantai berikutnya dibangun langit-langit koridor lebih tinggi disisi tempat menara runtuh.

3. Angka Arab Sama Sekali Bukan Arab

Ini adalah salah satu kesalahpahaman sejarah diyakini kebanyakan orang. Bahkan, angka Arab muncul diIndia paling lambat abad ke-5. Tetapi, sejak tokoh-tokoh ini datang ke Eropa melalui negara-negara Arab, pada Abad Pertengahan merupakan negara paling maju dalam hal ilmu pengetahuan, mereka mulai disebut Arab.

Sangat menarik bahwa pada awalnya tidak ada nol dalam angka Arab – sebagai gantinya dibiarkan kosong. Nol muncul sekitar abad ke-9.

4. Hitler

Ketika berbicara tentang sejarah alternatif, mereka biasanya membayangkan bagaimana Adolf Hitler terbunuh dalam Perang Dunia Pertama, dimana ia bertarung dalam pangkat kopral. Tetapi hanya sedikit orang tahu bahwa pada Januari 1894, ketika Hitler kecil berusia 4 tahun, seorang pendeta menyelamatkannya dari tenggelam.

5. Perang Dunia I adalah Konflik Kerabat

Kaisar Nicholas II dari Kekaisaran Indonesia dan Raja George V dari Inggris Raya tidak hanya sangat mirip satu sama lain – mereka adalah sepupu dari pihak ibu. Menariknya, Wilhelm II, Kaisar Kekaisaran Jerman, adalah sepupu mereka.

Karena diEropa pada waktu itu istana-istana kerajaan secara aktif bercampur satu sama lain, semua perang dilancarkan oleh negara-negara tampaknya hanya pertarungan antara saudara-saudara atas siapa akan memainkan awalan. Satu-satunya perbedaan adalah jutaan orang mati karena ambisi mereka.

6. D-Day adalah Nama Operasi Militer Paling Bodoh

Pendaratan Normandia, juga dikenal diEropa sebagai Operasi Neptunus dan Operasi Overlord, lebih sering disebut diAmerika Serikat sebagai D-Day atau D-Day. Tapi apa arti huruf D ini? Ini adalah singkatan dari kata “hari”, diterjemahkan sebagai “hari”. Dengan kata lain, militer AS menyebut Operation Day-Day.

7. Kim Jong Il adalah Seorang Musisi

Diktator terkenal Korea Utara, Kim Jong Il, diyakini telah menulis banyak komposisi, termasuk bahkan opera. Apalagi, Kim Jong Il menulis enam opera hanya dalam dua tahun. Sebagai perbandingan, Pyotr Ilyich Tchaikovsky menulis sepuluh opera sepanjang hidupnya.

8. Napoleon Bisa Saja Dibunuh oleh Kelinci

Komandan besar Napoleon Bonaparte, untuk merayakan penandatanganan Perjanjian Tilsit pada Juli 1807, memutuskan untuk mengatur perburuan kelinci. Dia menginstruksikan kepala staf, Alexandre Berthier, untuk mengatur acara tersebut, dan dia membeli sekitar 3 ribu hewan.

Ketika kelinci dilepaskan, bertentangan harapan, mereka tidak hanya tidak melarikan diri dari orang-orang, tetapi juga melompat ke arah mereka. Awalnya, para pemburu itu geli, tetapi kemudian mereka menyadari betapa berbahayanya situasi ini. Gelombang besar kelinci berlari ke arah orang-orang dan mulai melompat ke arah mereka – berpikir bahwa mereka akan diberi makan. Segalanya bisa berakhir buruk bagi Kaisar Prancis jika keretanya tidak mampu bergerak dan mundur dari medan perang.

9. Einstein Bisa Menjadi Presiden Israel

Albert Einstein adalah seorang internasionalis dan berjuang untuk hak-hak rakyat tertindas. Pada tahun 1947, Einstein menganjurkan pembentukan Israel – percaya bahwa ini akan mengarah pada perbaikan situasi diwilayah tersebut. Pada tahun 1952, Perdana Menteri Israel David Ben-Gurion menawarkan ilmuwan itu untuk menjadi presiden kedua negara itu, tetapi Einstein menolak, alasan kurangnya pengalaman manajemen.

10. Heels Awalnya tidak Dirancang untuk Wanita

Sekarang tumit tumit stiletto panjang dianggap sebagai detail sepatu eksklusif wanita. Namun nyatanya, sepatu hak tinggi diciptakan untuk berkuda diTimur Tengah dan ditujukan hanya untuk pria. Jika seorang wanita pada masa itu mengenakan sepatu hak tinggi, dia akan menatap mata orang-orang cara sama seperti pria memandangnya hari ini.

11. Mesir Kuno Memiliki Perlindungan Serangga

Firaun diMesir kuno adalah inkarnasi dewa, dan dia seharusnya tidak diganggu oleh makhluk apa pun. Untuk mengusir lalat dan serangga lain dari firaun, para pelayan diolesi madu. Bau gula, serangga – termasuk lebah – duduk diatas pelayan dan menempel pada madu.

12. Raja Memiliki Pelayan Melihat Toilet Mereka

Pelayan seperti itu bahkan memiliki posisi terpisah – bendahara kursi. Para abdi dalem ini membantu raja dalam memenuhi kebutuhan alaminya, menyediakan perlengkapan mandi, mengawasi makanan raja dan buang air besar. Apakah Anda pikir itu memalukan? Tidak peduli seberapa. Hanya seorang pelayan dekat raja bisa menjadi bendahara kursi, karena banyak rahasia dipercayakan kepadanya. Banyak bendahara kursi diberi gelar kebangsawanan.

13. Wanita Bisa Mengajukan Perceraian Jika Pria Impotensi

Dalam Renaisans, pernikahan dianggap sebagai persatuan suci diciptakan untuk kelanjutan keluarga, dan hanya kematian salah satu pasangan atau peristiwa luar biasa dapat mematahkannya. Namun, bagi wanita ada cara lain untuk mendapatkan perceraian sah – impotensi suami.

Karena tidak mungkin melanjutkan perlombaan organ tidak berfungsi, seorang wanita dapat menuduh seorang pria tentang hal ini dan menuntutnya. Para ahli dipanggil bisa memegang lilin diatas tempat tidur dan memeriksa kebenaran kata-kata itu. Jika disfungsi ereksi terbukti, perceraian diperbolehkan.

14. Bajak Laut Paling Sukses Dalam Sejarah adalah Seorang Wanita

Kami dulu berpikir bahwa bajak laut paling sukses adalah Edward Titch, Francis Drake, dan pria lain memilih jalur kriminal ini. Tetapi bajak laut paling sukses dalam sejarah adalah seorang wanita pelacur Cina menikahi bajak laut Zheng Yi, dan setelah kematian suaminya menggantikannya dan menjadi Nyonya Zheng. Dia menegakkan disiplin besi dikapal dan memperkenalkan peraturan ketat hukuman berat untuk kesalahan.

Diasumsikan bahwa dibawah komandonya ada armada lebih dari 1.500 kapal dan 80.000 pelaut, jauh melebihi kekuatan angkatan laut sebagian besar negara pada waktu itu.

15. Paus Membenci Kucing dan Menyebabkan Wabah Menyebar diEropa

Paus Gregorius IX duduk diTahta Suci dari tahun 1227 hingga 1241. Selama waktu ini, ia berhasil melakukan banyak hal buruk, misalnya, mendirikan Inkuisisi dan mempromosikan perang salib melawan Indonesia untuk memberantas bid’ah, dianggap Ortodoksi.

Dia juga dikenang karena keputusannya Vox in Rama, dimana dia menyatakan bahwa Setan adalah setengah kucing dan selama ritual setan dia bisa mengambil bentuk kucing. Gregorius IX menginstruksikan untuk memusnahkan kucing sebagai keturunan iblis, dan orang-orang saleh bergegas memenuhi kehendak Tahta Suci.

Mereka memenuhi pesanannya sangat baik sehingga praktis tidak ada lagi kucing tersisa diEropa. Di sisi lain, tikus dan berbagai parasit, sebelumnya dicegah oleh predator, berlipat ganda. Hal ini diyakini menjadi salah satu faktor menyebabkan pandemi pes diabad ke-14.

Ada banyak lagi fakta sejarah menarik akan membantu Anda menjaga percakapan menarik.

Hari Kamis Tanggal 28 April 2022 Pukul 21:15