20 Fakta Sejarah Menarik

Fakta Sejarah Menarik

Fakta sejarah hanya sedikit orang tahu membuat cerita ini sangat menarik!. Misalnya, tahukah Anda bahwa fakta sejarah tahun terpanjang dalam sejarah adalah lebih dari 400 hari?Anda akan terkejut betapa banyak hal tentang fakta sejarah dunia tidak Anda ketahui! Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa fakta sejarah tidak banyak diketahui tidak diajarkan disekolah.

Fakta Sejarah Menarik
https://www.pexels.com/id-id/foto/kuil-kuno-di-kota-tua-dengan-tiang-batu-pasir-yang-tinggi-4388165/

1. Gaius Julius Caesar Octavian  Augustus Adalah Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Kekayaan bersih kaisar Romawi, keponakan dan pewaris Gaius Julius Caesar, diperkirakan 0,46 triliun dolar, disesuaikan inflasi.Ada mengatakan bahwa orang terkaya didunia adalah Raja Mansa Musa dari Timbuktu, karena kekayaannya terlalu besar untuk dihitung. Namun, kekayaan Augustus menakjubkan masih bisa diperkirakan.

2 Alexander Agung Dikubur Hidup-hidup. Secara Tidak Sengaja

Ketika Alexander Agung meninggal pada usia 32, dia telah menaklukkan dan menciptakan kerajaan terbesar pernah ada didunia. Itu membentang dari Balkan ke Pakistan.

Pada 323 SM Alexander Agung jatuh sakit dan, setelah 12 hari kesakitan luar biasa, tampaknya telah meninggal. Namun, tubuhnya tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan selama 6 hari penuh.

Sarjana modern percaya bahwaAlexander Agung menderita kelainan neurologis dikenal sebagai Guillain-Barré Syndrome. Mereka percaya bahwa ketika dia “mati” dia sebenarnya hanya lumpuh dan sadar. Bahkan, dia dikubur hidup-hidup.

3. Bajak Laut Paling Sukses Dalam Sejarah Adalah Seorang Wanita.

Fakta sejarah namanya Ching Shih dan dia adalah seorang pelacur Cina. Itu sampai komandan Armada Spanduk Merah menebusnya dan menikahinya.

Tapi alih-alih melihatnya hanya sebagai seorang istri, dia menganggapnya sederajat, jadi dia mulai memimpin bajak laut armada. Chin Shi segera mendapatkan rasa hormat dan otoritas diantara para perompak. Dan sedemikian rupa sehingga setelah kematian suaminya, dia menjadi komandan armada.

Di bawah komando Chin Shi, Armada Spanduk Merah berjumlah lebih dari 300 kapal perang, kemungkinan menambah 1.200 lagi jika diperlukan. Di bawah kepemimpinannya ada 40-80 ribu pria, wanita dan anak-anak.

Mereka berburu cara perampokan diperairan pantai Cina. Armada Spanduk Merah adalah sekelompok perampok menakutkan sehingga pemerintah China akhirnya mengampuni Ching Shih dan seluruh armadanya, hanya untuk membiarkan mereka melarikan diri ke laut lepas.

4 Atlet Olimpiade Kuno Tampil Telanjang

Atlet melakukan ini untuk meniru para dewa, dan juga untuk memudahkan racun dikeluarkan melalui kulit saat berkeringat setiap kali mereka bertanding.

Sebenarnya, kata“senam” berasal dari kata Yunani kuno: “gumnasía” (“berlatih, berolahraga”) dan “gumnós” (“telanjang”). Ini dapat diterjemahkan sebagai “pelatihan telanjang”.

5. Colosseum awalnya sepenuhnya dilapisi marmer.

Jika Anda mengunjungiColosseum hari ini, Anda akan melihat bahwa fasad batu tampak berlesung pipit dimana-mana. Meskipun dapat diasumsikan bahwa ini hanyalah erosi material karena usianya, ini sebenarnya karena fakta bahwa pada awalnya hampir seluruhnya dilapisi marmer.

Alasan munculnya kesenjangan ini adalah bahwa setelah jatuhnya Roma, kota itu dirampok dan dijarah oleh orang Goth. Ya, ya, bersiaplah!

Mereka menanggalkan semua marmer dari Colosseum dan melucutinya (kebanyakan) menjadi batu kosong. Lubang-lubang dibatu adalah tempat dimana penjepit dan tiang besi dicabut, menempelkan marmer menghadap ke sana.

6. Ada gladiator wanita

Fakta sejarah Gladiator wanita disebut“gladiatrix”. Jumlah mereka jauh lebih sedikit daripada gladiator pria.Gladiator wanita memiliki tujuan sama: mengeksekusi penjahat, berkelahi satu sama lain, melawan hewan diberbagai medan perang Roma.

7. Bangsa Viking adalah pertama menemukan Amerika

Fakta sejarah pada tahun 1000, lima abad sebelum Christopher Columbus“menemukan” Amerika, navigator Skandinavia Leif Eriksson dari Greenland mendarat dipulau Newfoundland.

Di bawah kepemimpinan Leif Eriksson, Viking menetap diNewfoundland, dan juga menemukan dan menetap diSemenanjung Labrador, terletak ditempat sekarang disebut Kanada.

8. Di Yunani kuno, mengenakan rok terutama merupakan hak istimewa pria.

Faktanya, orang Yunani kuno menganggap celana sebagai feminin dan mengolok-olok pria mana pun memakainya.

9. Selama Perang Dunia I, Prancis membangun “Paris palsu”

” Paris palsu “ ini replika Champs Elysées dan Gare du Nord dibangun oleh Prancis pada akhir Perang Dunia I untuk membingungkan pilot pembom dan pesawat tempur Jerman terbang diatas langit Prancis.

Mereka bahkan membangun rel kereta api palsu diterangi ditempat-tempat tertentu untuk memberikan ilusi kereta api bergerak diatas rel dari atas.

10 Naskah Kuno Disebut Manuskrip Voynich Masih Membingungkan Ilmuwan

Ditulis tangan dalam bahasa tidak diketahui, Naskah Voynich telah diberi penanggalan radiokarbon sekitar tahun 1404-1438.

Beberapa halaman hilang, lain adalah tab tarik dapat dilipat, sementara sebagian besar halaman memilikiilustrasi.Ratusan kriptografer dan decipherers telah mencoba untuk menguraikan naskah selama bertahun-tahun, tetapi belum ada bisa memahami arti dari teks atau asal manuskrip tersebut.

11 Melempar Rubah Pernah Menjadi Olahraga Populer

Fakta sejarah “Melempar rubah”, populer dikalangan bangsawan Eropa pada abad ke-17 dan ke-18, adalah ketika satu orang (atau pasangan) harus melempar rubah sejauh dan setinggi mungkin.

12. Thomas Edison tidak menemukan sebagian besar penemuan dipatenkan.

Dapat dikatakan bahwa penemu dan pengusaha Amerika Thomas Edison adalah salah satu pencuri kekayaan intelektual paling terkenal didunia.

Dari 1.093 penemuan ia dapatkan hak patennya, ia mencuri hampir semua dari para jenius sejati seperti Nikola Tesla, Wilhelm Roentgen dan Joseph Swan, terakhir diantaranya awalnya menemukan bola lampu.

13 Kaisar Romawi Caligula Menjadikan Salah Satu Kuda Favoritnya Sebagai Senator

Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang Caligula, maka ini adalah cara bagus untuk mendapatkan kesan darinya.

Dia terkenal karena kemarahan dan kekejamannya. Caligula memberi makan penjahat ke hewan dan berbicara ke bulan.

Dia sangat mencintai kudanya (bernama Incitat) sehingga dia memberinya sebuah kios marmer, palungan gading, kalung batu mulia, dan bahkan sebuah rumah!

Dan Caligula juga menjadikan kudanya senator dan diduga berencana menjadikannya konsul (tetapi, sayangnya, dia tidak punya waktu, karena kaisar Romawi terbunuh).

14. Paus Gregorius IX menyatakan perang terhadap kucing

Dia menyatakan kucing sebagai agen pemuja setan. Benar, tidak semua kucing, tetapi hanya hitam. Paus menyatakan bahwa mereka harus dimusnahkan.

15. Menara Miring Pisa tidak pernah rata

Terkenal didunia karena kemiringannya, menara lonceng berdiri bebas ini dibangun pada abad ke-12.

Ketika konstruksi dimulai dilantai dua, menara mulai miring karena tanah tidak stabil.

Saat konstruksi berlanjut, kemiringan hanya meningkat, dan kemudian menjadi lebih ikonik daripada menara itu sendiri.

16. 46 SM berlangsung selama 445 hari dan merupakan tahun terpanjang dalam sejarah manusia

Biasa disebut annus confusionis, tahun ini memiliki dua bulan kabisat tambahan diperkenalkan oleh Julius Caesar.

Ini dilakukan agar kalender Julian baru dibentuknya bertepatan tahun musim.

Kalender ini adalah varian masih digunakan sampai sekarang disebagian besar tempat diseluruh dunia.

17. 100 juta tahun lalu, buaya cepat hidup digurun Sahara.

Saat itu, gurun Sahara merupakan lembah vegetasi rimbun, penuh kehidupan, sekaligus predator.

Pada tahun 2009, pemburu fosil menemukan sisa-sisa buaya.

Sisa-sisa ini adalah kaki pendukung besar memungkinkan hewan-hewan itu berlari ditanah kecepatan sangat tinggi. Mereka bisa mudah mengambil dinosaurus malang dimulut mereka!

18. Perang terpendek dalam sejarah berlangsung selama 38 menit

Fakta sejarah perang antara Inggris Raya dan Zanzibar, dikenal sebagai Perang Anglo-Zanzibar, terjadi pada 27 Agustus 1896. Itu dimulai kenaikan takhta Sultan Zanzibar berikutnya dan berakhir kemenangan Inggris.

19. Lotere pertama dalam sejarah diadakan selama Kekaisaran Han (antara 205 dan 187 SM)

Meskipun tidak diketahui secara pasti apa hadiahnya, diyakini bahwa warga Tiongkok pada masa itu menarik keno biaya nominal (cara sama seperti pengundian sedotan).

Lotre ini dibuat untuk membantu membiayai proyek-proyek besar pemerintah, termasuk pembangunan Tembok Besar China.

20. Universitas Oxford lebih tua dari kekaisaran Aztec

Ini mungkin tampak luar biasa, tetapi Oxford pertama kali membuka pintunya bagi mahasiswa pada tahun 1096.

Pada 1249, ia menjadi universitas lengkap: ia memiliki asrama siswa dan kurikulum khusus.

Sebagai perbandingan: diyakini bahwa Kekaisaran Aztec muncul dari pendirian kota Tenochtitlan diDanau Texcoco pada tahun 1325 ditempat sekarang disebut Meksiko.

Hari Sabtu Tanggal 30 April 2022 Pukul 15:21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *