Fakta Menarik Saffron

Fakta Menarik Saffron adalah produk rasa unik, aromatik dan sifat penyembuhan, dan karena itu termasuk rempah-rempah termahal didunia. Inilah sebabnya mengapa saffron asli disebut emas merah dan sangat sulit ditemukan secara komersial.

Fakta Menarik Saffron
Foto oleh ArtHouse Studio dari Pexels

Tentu saja, sebagai seorang anak, saya tidak tahu tentang kunyit apa pun, karena dimeja kami, seperti saya duga, dimeja Anda, garam dan lada hitam terkadang muncul dikue-kue kayu manis dan cengkeh. Dunia rempah-rempah menakjubkan terbuka bagi saya jauh kemudian, sudah pada usia sadar.

Fakta Menarik Saffron

Perkenalan saya kunyit terjadi pada saat vegetarisme muncul semua produknya tidak biasa, resep luar biasa, dan banyak rempah.

Saya kemudian mempelajari banyak hal – saya hanya menyerap pengetahuan baru ini untuk saya. Dan, tentu saja, saya pasti mencoba mempraktikkannya.

Saya membaca tentang kunyit – Saya sangat perlu membelinya dan mencobanya. Tapi bagaimana caranya? Bagaimanapun, berguna bagi wanita untuk minum susu sapi hangat dimalam hari dengannya – kecantikan, kebaikan, feminitas, dan semua seharusnya diaktifkan. Nah, itulah saya yakini saat itu. Sekarang saya menjadi lebih kritis terhadap informasi semacam ini, saya harap Anda.

Ibu saya, secara halus, tidak terlalu mendukung cara hidup baru saya, meskipun dia sendiri selalu agak acuh tak acuh terhadap daging, tetapi stereotipnya kuat, seperti Anda pahami. Kami selalu berkomunikasi sangat dekat, dan saya senang hati mencurahkan kepadanya semua tumpukan pengetahuan berhasil saya dapatkan diInternet dan diensiklopedia (ya, saya adalah spesies fosil masih bersemangat membaca buku kertas!). Ibu mendengarkan, mengangguk, tetapi tanpa banyak antusiasme.

Bayangkan keterkejutan saya ketika, selama pertemuan kami berikutnya, dia memberi saya sekantong kecil safron!

Dia cukup mendengar bahwa saya tidak dapat menemukannya dimana pun, bahwa dia hanya melihat satu tempat, tetapi disana sangat mahal (dan saya sedang cuti hamil!), Dan kemudian dia pergi dan membeli rempah-rempah ini untuk saya. Terimakasih Ibu!

Malam itu juga, saya belajar seperti apa rasanya saffron. Saya pasti akan memberi tahu Anda tentang hal itu dibawah ini. Saya tidak dapat mengatakan bahwa salah satu rempah-rempah termahal didunia membuat saya sangat senang, tetapi ini tidak biasa, dan karena itu dari waktu ke waktu masih muncul dipiring saya, meskipun harganya menggigit.

Jadi, hari ini cerita gastronomi saya didedikasikan untuk kunyit.

Pengertian Saffron

Saffron adalah rempah-rempah diperoleh dari stigma kering bunga saffron. Sepanjang waktu, rempah-rempah ini dianggap sebagai salah satu paling mahal didunia. Dan biaya tinggi ditentukan oleh biaya tenaga kerja besar. Untuk mengumpulkan satu kilogram rempah-rempah, perlu mengumpulkan 200.000 kepala putik bunga. Semua pekerjaan dilakukan tangan, dan hanya ada sedikit waktu untuk pengumpulan – sekitar tiga minggu. Sekitar 90 persen dari semua safron dipanen disatu negara – Iran.

Bukti dokumenter pertama dari bunga unik ini ditemukan diMesopotamia pada awal tiga ribu tahun SM. Pada saat itu, secara aktif digunakan tidak hanya dalam memasak, tetapi juga digunakan untuk mewarnai kain. Belakangan, safron disebutkan dalam tulisan Homer dan Hippocrates. Diasumsikan bahwa kata“saffron” sendiri berasal dari bahasa Arab “azafran”, diterjemahkan sebagai “kuning”.

Dengan harga saffron begitu mahal, selalu saja ada scammer melakukan penipuan. Tapi hukumannya sesuai. Misalnya, diIran selama Abad Pertengahan, para penjahat dipotong tangannya. Di kota Nuremberg Jerman, sejak abad ke-14, ada posisi ahli memeriksa keaslian fakta menarik saffron impor.

Paling sering, scammers menambahkan kunyit ke safron, rempah-rempah lebih murah sangat mirip warnanya safron. Tapi, penikmat dapat mudah membedakan palsu. Kunyit memiliki semburat kekuningan, sedangkan kunyit berwarna coklat warna kemerahan. Dan juga disarankan untuk membeli kunyit tidak dalam bentuk bubuk, tetapi seluruh stigma, sulit dikacaukan rempah-rempah lainnya.

Di Eropa, saffron muncul diera Perang Salib. Sejak abad ke-16, telah dibudidayakan dikebun raya. Di negara kita, saffron juga sudah dikenal beberapa abad lalu. Domostroy menyediakan banyak resep masakan tambahan kunyit. Menyebutnya juga dapat ditemukan dalam karya Nikolai Vasilyevich Gogol dan Ivan Sergeevich Turgenev. Di Indonesia modern, kunyit ditanam dibeberapa wilayah Dagestan, tetapi sebagian besar diimpor dari luar negeri.

Terlepas dari kenyataan bahwa Iran adalah pemimpin dunia dalam produksi kunyit, gourmets mengatakan bahwa kunyit terbaik tumbuh dinegara bagian Cashmere (India). Itu juga paling mahal karena kerumitan produksinya: pertama, stigma safron dikeringkan dan kemudian direndam dalam air. Hanya stigma sudah tenggelam dianggap layak untuk diproses lebih lanjut. Mereka membuat rempah-rempah kualitas terbaik.

Fakta menarik Saffron tentu saja, sangat mahal – beberapa ribu dolar per kilogram. Tetapi juga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dipercayai bahwa 1 gram rempah-rempah ini adalah norma tahunan bagi seseorang. Overdosis bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan ada kasus keracunan parah berakibat fatal. Juga tidak disarankan menggunakan saffron sudah kadaluarsa. Disarankan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara pada suhu tidak melebihi 20 derajat ditempat gelap.

Pada 1374 bahkan ada “perang kunyit”. Para pedagang membawa kiriman besar safron dari Lebanon ke Swiss, dan Baron Bechburg menyerang mereka. Baron berbahaya pasukannya mengambil rempah-rempah mahal dan berlindung dikastil. Pedagang marah mengepungnya selama 14 minggu, menuntut pengembalian barang-barang mereka. Pada akhirnya, mereka berhasil mendapatkan safron kembali.

Fakta menarik Saffron dianggap sebagai bumbu dapat memberikan kesehatan seseorang selama bertahun-tahun. Ada kasus diketahui ketika seseorang tinggal diInggris selama 150 tahun, dan makanannya adalah roti, mentega, dan kunyit. Dan penulis Romawi kuno Pliny the Elder berpendapat bahwa seseorang tidak mati selama safron tumbuh diplotnya. Dan penelitian modern telah menunjukkan bahwa penggunaan safron secara teratur akan membantu menghindari masalah penglihatan bahkan dimasa dewasa.

Hari Kamis Tanggal 28 April 2022 Pukul 21:16