Fakta Menarik Besi

Fakta menarik besi – Prototipe setrika modern muncul sejak lama, misalnya, diYunani kuno pada abad ke-4 SM, batang logam dipanaskan digunakan untuk menyetrika pakaian. Dan orang Romawi kuno meluruskan lipatan palu panas. Menurut ahli bahasa, kata besi datang kita dari orang-orang Turki kuno, dimana kata “besi” dalam terjemahan literal berarti “menyalakan api.”

Fakta Menarik Besi
https://images.pexels.com/photos/208674/pexels-photo-208674.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&h=750&w=1260

Wajan dasar halus juga digunakan sebagai setrika. Arang panas dituangkan ke dalam panci dan demikian linen disetrika. Kemudian wajan diganti setrika itu sendiri, tetapi prinsip operasi dipertahankan, setrika dipanaskan arang. Agar tidak keluar, lubang dibuat disisi besi, dan kadang-kadang dipasang pipa kecil. Perangkat semacam itu memiliki kelemahan serius: batu bara sering terbangun dan merusak linen.

Sebagian besar fakta menarik besi dibuat dari besi tuang. Besi tuang – adalah paduan besi 2 hingga 5% berat karbon. Bijih besi (hematit, magnetit, limonit dan siderit) dan terkadang bijih mangan digunakan untuk produksinya. Syarat bijih dibutuhkan untuk membuat besi tuang adalah tidak mengandung belerang, seng, fosfor dan arsen. Unsur-unsur kimia ini menurunkan sifat fisik dan mekanik dari paduan dihasilkan.

Jenis Besi Cor

Fakta Menarik Besi Cor Putih

Karbon dalam besi cor putih tidak dalam bentuk grafit. secara kimiawi merupakan fakta menarik besi karbida Fe 3 C., Tidak seperti besi cor kelabu, besi cor putih mengandung lebih banyak mangan dan lebih sedikit silikon. Ini rapuh, tidak memiliki keuletan dan tidak dapat dilas. Kegunaan utamanya adalah sebagai bahan baku produksi baja.

Fakta Menarik Besi Cor Abu-abu

Karbon dalam besi cor kelabu berbentuk serpihan grafit bebas. Nama paduan berasal dari warna grafit. Kandungan silikon dalam fakta menarik besi cor abu-abu lebih tinggi daripada putih. Ini adalah jenis paling banyak diproduksi, meskipun tidak dapat ditempa atau diproses dalam kondisi panas atau dingin. Karena dicetak sempurna, ia digunakan dalam produksi radiator, kompor, elemen mesin, bak mandi, peralatan, dll. Ini sangat tahan terhadap tekanan dan karena itu digunakan dalam kolom pendukung. Ini tidak stabil terhadap tegangan dan oleh karena itu tidak digunakan sebagai bahan untuk balok penahan beban.

Fakta Menarik Besi Ulet

Fakta menarik besi tuang dapat ditempa awalnya dicetak berwarna putih, kemudian mengalami perlakuan panas pada suhu sekitar 950 ° C. Ini mengubah struktur internal paduan, pada gilirannya mengubah sifat fisiknya dan membuatnya dapat ditempa.

Fakta Menarik Besi Cor Grafit Bulat

Dalam besi cor spherographite, karbon terletak dalam bentuk simpul bola, bukan dalam serpihan seperti abu-abu, menentukan berbagai sifat fisik dan mekaniknya. Yang terakhir ini dekat besi tuang dapat ditempa.

Fakta Menarik Besi

Pada abad ke-18, fakta menarik besi cor muncul, dimana batu bara tidak lagi dituangkan, tetapi dipanaskan diatas api terbuka. Tapi, mereka cepat menjadi dingin. Pada abad ke-19, setrika alkohol mulai dibuat. Alkohol dituangkan ke dalam alat semacam itu dan dibakar. Setrika alkohol sangat nyaman, tidak seperti batu bara, tidak menodai linen. Tetapi biayanya sangat besar dan hanya orang kaya mampu membeli kemewahan seperti itu.

Pada akhir abad ke-19, kebaruan lain muncul – setrika gas. Saat itu, gas alam sudah banyak digunakan, oleh karena itu digunakan juga dalam menyetrika. Dengan tabung khusus, setrika dihubungkan ke balon, dari mana gas disuplai menggunakan pompa kecil. Setrika seperti itu juga tidak murah, dan kehadirannya dirumah membuktikan solvabilitas pemiliknya.

Sebuah revolusi nyata dalam perbaikan setrika dibuat oleh penemu Amerika Henry Seeley, pada tanggal 6 Juli 1882 menerima paten untuk setrika listrik. Terlepas dari keunggulan jelas dibandingkan pendahulunya, setrika listrik masih jauh dari sempurna, karena isolasi buruk, ibu rumah tangga sering menyetrum ibu rumah tangga. Kerugian lain adalah bahwa setrika listrik pertama tidak memiliki pengatur, suhu harus dikontrol secara independen.

Di Indonesia, film dokumenter pertama menyebutkan besi berasal dari abad ke-17. Pada 10 Februari 1636, sebuah entri dibuat dalam buku pengeluaran istana kerajaan bahwa “pandai besi Ivashka Trofimov diberi 5 altyns”, untuk jumlah ini ia harus membuat besi besi untuk kamar ratu. Saat itu, fakta menarik besi bukanlah benda ringan, berat beberapa benda uji mencapai 10 kilogram.

Raja sering terkejut tingkah mereka. Jika urutan besi besi dibenarkan, maka dekrit raja Prancis Charles X mungkin tampak lebih dari aneh. Raja memerintahkan untuk membuat fakta menarik besi kristal, apalagi, dalam satu salinan. Namun, tidak ada informasi tentang bagaimana besi kristal dapat digunakan untuk tujuan dimaksudkan.

Di kota Pereslavl-Zalessky, sejak Desember 1999, Museum Besi pribadi telah beroperasi, dimana Anda dapat melihat pameran dari berbagai era. Wisatawan datang ke kota kuno ini rela mengunjungi museum tidak biasa ini. Di mana, omong-omong, setrika tidak hanya dapat dilihat, tetapi juga dibeli. Dari penjualan besi antik museum menerima penghasilan utamanya.

Janos Nagy, seorang penduduk Slovakia Timur, secara tidak sengaja menemukan besi tua dimasa mudanya. Ternyata kemudian, penemuan tidak disengaja ini berdampak pada seluruh kehidupan masa depannya, Janos Nagy menjadi kolektor besi bersemangat. Dia mengumpulkan besi dari semua negara dan masyarakat, beberapa item sangat unik. Sekarang dalam koleksi ratusan besi, Nagi dianggap sebagai kolektor terbesar didaerah ini.

Selain penggunaan langsung, terkadang aplikasi paling tidak biasa ditemukan untuk setrika. Misalnya, diatasnya, seperti diatas kompor listrik, Anda bisa menggoreng telur. Dan dibeberapa hotel diLondon, sudah menjadi kebiasaan untuk menyetrika koran baru setrika. Hal ini dilakukan agar para tamu tidak mengotori tangan tinta cetak.

Hari Kamis Tanggal 28 April 2022 Pukul 21:16